Pantai Nepa Yang Terancam

Minggu, 01 Agustus 2010 , Posted by GAPTEK at 04.33

Siapa yang tidak bangga menjadi warga Kabupaten Sampang. Selain Kabupaten yang penuh dengan Sumber Daya Alam yang meruah, Kabupaten Sampang juga terkenal dengan Kelestarian alamnya.

Jangan senang dulu, Sumber Daya Alam yang meruah tersebut tidak benar-benar diperhatikan. Dari hasil liputan Tim GAPTEK dengan peralatan kamera yang murahan, kami dapat meliput nasib pantai yang terancam dan mengenaskan.

Liputan yang kami lakukan adalah gerakan yang kami beri nama Pemuda Cinta Alam yang merupakan salah satu kegiatan GAPTEK.

Pantai Nepa

Jika Anda melewati jalan pantai utara Kabupaten Sampang, Anda akan melewati Kecamatan Banyuates. Di Kecamatan Banyuates ini terdapat pantai yang benar-benar asri dan memiliki tempat pariwisata yang terjaga secara alami dan memiliki nilai sejarah sangat penting bagi Madura.

Selain panatainya yang indah, Anda akan dibawa ke area Ketang (monyet) Nepa. Paduan antara pantai dan obyek wisata monyet ini mampu menarik perhatian para wisatawan dalam dan luar negeri.

Gambar disamping adalah jalan menuju nepa. Tampak Tim GAPTEK dengan mengendarai sepeda motor menelusuri jalan menuju Pantai Nepa dan tempat wisata Monyet Nepa.

Dari keadaan jalan ini, tampak dengan jelas bahwa campur tangan pemerinah akan karunia alam yang indah tidak pernah serius menangani bahkan mengacuhkan begitu saja. Bagaimana tanggapan para turis ketika melewati jalan seperti ini?

Tim GAPTEK akhirnya tiba juga di Pantai Nepa setelah melewati perjalanan kurang lebih 1 Km dari jalan raya. Anda bisa melihat tumpukan pasir di sana, tata letak yang kurang nyaman. Sulitnya akses masuk kendaraan.

Lagi-lagi timbul pertanyaan bagaimana jika para wisatawan luar daerah dan turis melewati jalan ini, apakah mereka tidak kapok untuk datang lagi?

Anda dapat melihat indahnya Pantai Nepa. Pasir yang membentang, ombak yang ramah, dan hembusan angin yang menyegarkan.

Walaupun Pantai Nipah penuh dengan panorama alamiah, pemerintah tidak menganggapnya sebagai karunia alam yang patut menjadi kebanggan.



Tepat di wilayah Pantai Nepa, terdapat tempat pariwisata yang alami dan memiliki nilai sejarah yang penting bagi Madura. Tempat itu sering di datangi wisatawan dalam dan luar negeri. Namanya Hutan Kera Nepa

Anda dapat melihat betapa sulitnya untuk dapat menuju tempat wisata, Selain itu tata letaknya sangat kacau.


Jika Anda lelah setelah menelusuri keindahan Pantai Nepa, Anda bisa menenangkan diri dengan memasuki Hutan Kera Nepa yang cukup asri. Anda akan merasa berada di tengah-tengah hutan belantara.

Jangan takut, Anda tidak akan bertemu dengan bintang buas. Anda hanya akan di sambut gerombolan monyet yang ramah dan lucu-lucu.

Objek wisata di Pantai Nipah sudah pernah mendapatkan bantuan dari pemerintahan. Untuk Objek Wisata Hutan Kera Nepa, mendapat bantuan renovasi tempat pada tanggal 22/11/2009 dari Dinas Pariwisata Olahraga dan Kebudayaan Kabupaten Sampang.

Walaupun telah pernah merasakan perhatian dari pemerintah, pengelolaan Pantai dan Hutan Kera Nepa saat ini kembali mengenaska.

Kami tidak tahu secara pasti apa sebab dari tidak adanya campur tangan pemerintah terhadap objek alam yang indah ini. Padahal, jika dikelola dengan baik tempat ini menjadi tempat pariwisata yang sangat memikat para pengunjung dari dalam dan luar negeri.

Kami memimpikan, kelak di pantai ini tertata dengan rapi, terdapat layanan keamanan yang layak, toko-toko dari masyarakat sehingga dapat membantu perekonomian, rumah-rumah barak (rumah yang kebanyakan di hutan) yang telah di renovasi sehingga membuat nyaman pengunjung.

Jika Pantai dan Hutan Kera Nepa ditangani dengan benar, kami yakin akan menjadi salah satu aset sangat berharga bagi pemerintah. Selain itu, Indonesia akan lebih di kenal dengan suasana alam yang ramah, indah, dan memikat.


Setelah magrib berkumandang di ufuk timur, kami dari Tim GAPTEK akhirnya kembali ke kantor dan hanya bisa merasa betapa tidak bersyukurnya manusia.

Sampai kapan nasib Pantai ini akan terus terancam karena kurangnya perhatian dari pemerintahan terkait. Semoga keadaan alam yang kami ceritakan di sini menjadi bahan perenungan bagi kita semu.


Baca Juga Postingan Kami Yang Lain








StumpleUpon DiggIt! Del.icio.us Blinklist YahooTechnorati Simpy Spurl Reddit Google Twitter FaceBook

Buzz Facebook Digg twitter

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Posting Komentar