Pendalaman menu Edit

Kamis, 12 Agustus 2010 , Posted by GAPTEK at 10.28

BISMILLAAHIRROHMAANIRROHIIM

Pada menu Edit Microsoft Office Word 2003 kita membicarakan tentang pengeditan kalimat dengan cara yang simpel dan cepat.

Walaupun cara pengeditan kalimat atau kata pada Microsoft Office Word 2003 telah disediakan dengan sangat mudah, banyak dianatara sahabat-sahabat kita tidak menggunakan fungsinya.

Undo Shirnk Font : Atau lebih sering kita kenal dengan menggunakan fungsi keyboard Ctrl + Z.
Fungsi dari Ctrl + Z adalah untuk menampilkan kembali tulisan, kalimat atau gambar yang telah hilang dari laman kerja baik karena terhapus atau pengeditan yang kita anggap tidak penting. Untuk lebih memahaminya, kita gunakan bahasa "Ctrl + Z untuk kembali ke belakang" artinya, semua kinerja pada laman lembar kerja akan tampil seperti awal kita bekerja pada laman kerja. Untuk lebih jelasnya, sahabat bisa langsung mempraktekkan pada laman kerja. Tulislah beberapa paragraph, hapus dan tulis kembali. Lalu gunakan Ctrl + Z.

Repeat Shirk Font : Atau lebih kita kenal dengan menggunakan fungsi keyboard Ctrl + Y. Fungsi dari Ctrl + Y ini adalah untuk mengembalikan tampilan laman kerja seperti sedia kala. Lebih gampangnya begini, setelah laman kerja kita Ctrl + Z, maka tampilannya seperti pertama kita bekerja, untuk mengembalikannya seperti akhir kerja gunakanlah Ctrl + Y. Istilahnya, Ctrl + Y untuk kembali ke depan.

Cut : Fungsi Cut lebih kita kenal dengan menggunakan fungsi keyboard Ctrl + Z. Kegunaannya adalah untuk menggunting atau menghilangkan kalimat, kata, atau gambar tanpa jejak. Jika kita ingin menampilkan hasil Cut pada paragraph atau letak lainnya, kita gunakan fungsi Paste atau Ctrl + V.

Copy
:
Fungsi Copy lebih kita kenal dengan menggunakan fungsi keyboard Ctrl + C. Kegunaannya adalah untuk menggandakan atau mengcopy kata, kalimat atau gambar. Untuk menampilkan hasil dari Copy kita gunakan Paste atau Ctrl + V.

Paste :
Fungsi Paste lebih kita kenal dengan menggunakan fungsi keyboard Ctrl + V. Kegunaannya untuk menampilkan hasil dari Cut dan Copy.

Select All : Lebih kita kenal dengan menggunakan fungsi keyboard Ctrl + A. Fungsinya untuk mengeblog seluruh laman kerja.

Find :
Fungsinya untuk mencari kata atau kalimat dalam lembar kerja. Contoh kasus, dalam laman kerja ada 100 halaman, kita akan mencari sebuah nama "gaptek", bisa kita bayangkan berapa lama waktu yang akan kita buang hanya dengan menyusuri halaman pertama sampai seratus. Untuk mempercepat pencarian sahabat bisa gunakan Find atau Ctrl + F. Pada Find what sahabat ketik kata atau kalimat yang akan dicari dan klik Find next, jika kata yang akan dicari lebih dari satu, teruskan klik Find next. Jika telah ditemukan semua maka akan timbul jendela konfirmasi. Untuk melihat preview Find next klik di sini dan untuk melihat jendela konfirmasi bahwa kata yang sudah kita cari telah habis kilik di sini.

Replace :
Fungsinya untuk mengubah kata atau kalimat dengan cepat. Contoh kasus, ada kata "gaptek" dalam lembar keja tertulis "gaptik" berjumlah 100 kata. Bisa kita bayangkan betapa lamanya mengedit satu persatu kata yang salah ketik itu. Untuk lebih cepatnya sahabat gunakan fungsi Replace dengan menekan keyboard Ctrl + H. Pada Find What sahabat ketik kata yang salah ketik dan pada Replace with sahabat tulis kata perubahan yang benar kemudian klik Replace All. Maka secara otomatis kata yang salah ketik tadi akan berubah dengan kata yang benar. Untuk melihat preview Replace klik di sini.

Go to :
Fungsinya cukup banyak. Di sini akan kita bahas satu dari beberapa funsinya yaitu pergi ke laman kerja. Contoh kasus, jika dalam satu laman kerja ada 1000 laman, kita ingin pergi ke halaman 700, berapa lama waktu untuk menuju laman itu dengan menggeser laman satu demi satu. Cara cepatnya sahabat gunakan fungsi Go to dengan menggunakan Ctrl + G. Pada Go to what pilih page dan pada Enter page number sahabat tulis laman kerja yang akan di tuju. Untuk melihat preview Go to klik di sini.

Jika sahabat masih belum memahaminy atau ada beberapa keterangan yang perlu kami tambahkan silahkan isi kotak komentar.








StumpleUpon DiggIt! Del.icio.us Blinklist YahooTechnorati Simpy Spurl Reddit Google Twitter FaceBook

Buzz Facebook Digg twitter

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Posting Komentar