Teknik Ngetik Cepat 10 Jari

Rabu, 26 Mei 2010 , Posted by GAPTEK at 04.16

BISMILLAHIRROHMAANIRROHIIM

Sudah menjadi sebuah kebanggaan tersendiri jika kita mampu mengetik cepat dengan menggunakan sepuluh jari yang dikaruniakan Allah. Apakah mungkin? terkadang kita mendengar pertanyaan itu. Sangat mungkin, karena seluruh komponen untuk mampu mengetik sepuluh jari telah Allah karuniakan kepada kita. Sebelum kita membahas lebih lanjut, sahabat Gaptek perlu mempersiapkan beberapa perangkat.

Perangkat Potensi Alamiah ManusiaMencakup; [1] Jiwa yang sehat, [2] Pendengaran yang sehat, [3] Penglihatan yang sehat, [4] Pikiran yang sehat, [5] Indra peraba dan jari jemari yang sehat, [6] Hati yang sehat, dan [7] kemampuan berimajinasi yang kuat.

Perangkat Teknologi
Mencakup; [1] Ada keyboard (baik keyboard asli atau cuma gambar), [2] Keyboardnya ada abzad dan huruf serta keterangan tombol lain, dan [3] Keyboard yang kita gunakan menggunakan abzad dan huruf indonesia atau english.

Perangkat Tambahan
Sahabat Gaptek hanya perlu mempersiapkan hafalan abzad A s/d Z dan 1 s/d 0.

Nah....kalau sahabat Gaptek telah mempersiapkan segala keperluan yang tercantum di atas, sahabat Gaptek bisa memulai latihan mahir mengetik sepuluh jari dengan cepat. Biasanya, kita mampu menguasai teknik ini dalam waktu paling lama hanya satu hari.

Langkah 1
Sahabat Gaptek harus melewati 3 tahapan. [1] Pernah mendengar apa itu mengetik dan apa itu keyboar, [2] sudah melihat dengan langsung orang mengetik dan bentuk keyboard serta susunan yang ada dalam keyboard, dan [3] sahabat Gaptek sudah pernah memegang keyboard dan mencoba memencet semua tombol keyboard (dalam bentuk gambar juga boleh).

Langkah 2
Sahabat Gaptek harus paham betuh bahwa seluruh organ tubuh manusia saling berkaitan satu dengan lainnya. Telinga mengirim sesuatu kepada mata, mata terpikat sehingga terpikir dalam otak untuk melihat secara langsung, dengan demikian secara otomatis akan tergerak untuk lebih tahu.

Langkah 3
Sahabat Gaptek lihat secara seksama bentuk dan susunan keyboard

Sahabat melihat tata letak abzad yang acak? Kenapa tidak berurut? Unik bukan? Kira-kira jawabannya terletak pada keunikan manusia. Otak kanan dan kiri serta indera lain yang terpisah tapi menyatu dalam kesatuan.
Silahkan sahabat lihat-lihat terlebih dahulu sambil pencet-pencet tombol.

Langkah 4
Sebelum melangkah, teori ini adalah murni di susun oleh Gaptek. Jadi, jika tidak sama dengan teknik mengetik lainnya, sahabat Gaptek harap maklum.
Pastikan tangan kanan dan kiri sahabat Gaptek lengkap. Untuk tangan kiri dimulai dari jari kelingking. Jari kelingking di letakkan di atas tombol A, jari manis di atas tombol S, jari tengah untuk D, dan jari telunjuk untuk F, jari jempol untuk spasi. Tangan kanan di mulai dari jari telunjuk. Jari telunjuk untuk H, jari tengah untuk J, jari manis untuk K, dan jari kelingking untuk L dan jari jempol untuk sepasi.

Sangat mudah bukan? langkah 4 ini adalah langkah dasar untuk bisa pada tahapan lainnya. Jadi, sahabat Gaptek harus menguasai kunci peletakan jari terlebih dahulu seperti tertera di atas.

Langkah 5
Langkah selanjutnya ini lebih mudah lagi, yang penting sahabat Gaptek harus hapal A s/d Z. Sekarang waktunya untuk bermain petak jari. Jangan lupa ajak otak kanan dan kiri bermain bareng, telinga dan mata serta tangan juga, dan terlebih lagi otak dan hati harus mendukung.

Jari Kelingking Kiri bertugas memegang kendali : A dan Q
Jari Manis Kiri bertugas memegang kendali : S, W, dan Z
Jari Tengah Kiri bertugas memegang kendali : D, E, dan X
Jari Telunjuk Kiri bertugas memegang kendali : F, R, T, C, dan V
Jari Jempol Kiri bertugas memegang kendali : Spasi
------------------------------------------
Jari Telunjuk Kanan bertugas memegang kendali : H, B, Y, dan N
Jari Tengah kanan bertugas memegang kendali : J, U, dan M
Jari Manis Kanan bertugas memegang kendali : K, I, dan Koma
Jari Kelingking Kanan bertugas memegang kendali : L, P, O, Titikdan tanda tanya
Jari Jempol kanan bertugas memegang kendali : Spasi

Tunggu!!! ada yang kurang! Abzad G menggunakan jari apa? Nah...Sahabat Gaptek bisa menggunakan jari mana saja, yang penting mudah dan bisa sahabat lakukan.
Bagaimana dengan tombol-tombol lainnya? Sama, sahabat Gaptek bisa menggunakan jari mana saja setelah menguasai tahapan pembagian tugas setiap jari-jari kita.
Kenapa begitu? Karena kita manusia, bukan robot. Kita bisa menciptakan cara kita sendiri yang tidak terikat. Selain itu, teknik mengetik ini bisa untuk melatih kemampuan otak kita dan bisa menjadi inspirasi pengembangan keahlian kita.

Langkah 6
Pada langkah ini, kita tinggal pengembangan. Pada pengembangan ini sahabat Gaptek tidak perlu lagi kecanduan dengan perangkat keras. Maksudnya, usahakan jangan menggunakan keyboard asli atau gambar keyboard.

Di sini sahabat ditantang untuk mampu menggunakan potensi yang telah Allah berikan. Gunakanlah kekuatan imajinasi sahabat. Bayangkan seolah-olah sahabat sedang berada di depan komputer dan memegang keyboard. Bayangkan dengan kuat seluruh bentuk keyboard terlihat jelas. Duduklah dengan tenang di pinggir jalan, di dalam kelas, dan lainnya. Bayangkan dengan kuat bentuk keyboard.

Review...ketika sahabat menjalankan tugas jari jemari, rasakanlah pola gerak jari yang unik. Contoh, A membentuk garis miring ke atas menuju B, S membentuk mata panah ketika terhubung dengan W dan Z, D membentuk mata panah ketika terhubung dengan E dan X, F membentuk pola silang ketika terhubung dengan R, C, T, dan V dan jari-jemari lainnya pun demikian.

Bayangkan pola-pola jari-jemari. Gerakkanlah sesuai kendali masing-masing. Bayangkan jari-jemari tepat di atas keyboard. Dengarkanlah alam, lihatlah sekitar. Mulailah mengetik dengan menggunakan imajinasi.

Langkah 7
Setelah melewati langkah-langkah di atas, sahabat harus banyak berdoa. Penulis mampu menguasai teknik ini dalam waktu 10 menit. Penulis yakin, sahabat Gaptek lebih cepat menguasai. Selamat mencoba...........

Agus Friyanto


StumpleUpon DiggIt! Del.icio.us Blinklist YahooTechnorati Simpy Spurl Reddit Google Twitter FaceBook

Buzz Facebook Digg twitter

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Posting Komentar